Kami menawarkan solusi terpenting dalam melakukan "Optimalisasi Kinerja Manajemen di Perusahaan Anda".

CONTOH RINGKASAN SURVEY KEPUASAN KARYAWAN

image

 

LAPORAN SURVEY KARYAWAN PT. HAMPARAN LAUT BIRU TAHUN 2010

 

Tujuan

Survey merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk menghimpun informasi dan masukan dari sebagian atau seluruh populasi yang memiliki kesamaan kriteria atau perlakuan. Pada survey karyawan pihak manajemen bermaksud menghimpun data yang kemudian diolah sehingga diperoleh informasi dan masukan dari pihak karyawan dengan dimensi-dimensi atau indikator-indikator tertentu sebagai dasar evaluasi atas kebijakan yang telah ditetapkan manajemen. Dalam survey ini indikator-indikator survey dirancang sesuai dengan harapan manajemen. Adapun harapan yang diinginkan pihak manajemen melalui survey ini adalah untuk mengetahui, menilai dan mengevaluasi kepuasan para karyawan perihal perusahaan selama bekerja di PT. Hamparan Laut Biru. Melalui survey ini diharapkan dapat diperoleh masukan sebagai bahan pertimbangan manajemen guna merumuskan kebijakan periode mendatang sehingga tercapai keseimbangan harapan antara pihak karyawan dengan manajemen.

 

Metode

Metode analisis yang digunakan untuk menilai hasil survey ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ditinjau berdasarkan sumbernya data yang akan dianalisis termasuk dalam katagori data primer. Data primer adalah data yang dihimpun langsung dari objek penelitian menggunakan kuesioner yang diisi oleh para karyawan. Hasil survey setelah dianalisis akan dinyatakan dalam angka “Indeks Kepuasan” dalam skala prosen yang menceminkan kepuasan karyawan secara keseluruhan.

 

Nilai Kritis Untuk Tingkat Kepuasan Karyawan

Dalam melakukan analsis data survey perlu ditentukan terlebih dahulu batasan nilai standard atau nilai kritis (cut off value). Nilai kritis diperlukan untuk memisahkan antara kelompok responden yang dinyatakan puas dan tidak puas. Untuk data normal, nilai kritis ideal adalah median (70.313). Lebih jelas mengenai pembagian daerah kepuasan dapat dilihat pada tabel berikut:

 

Nilai

Score

Min

31.962

Median

70.313

Max

87.232

 

Dagi gambar di atas, dapat diketahui nilai kritis sebagai pembeda antara responden yang puas dan tidak puas adalah 70.313%. Kaidah yang berlaku dalam hal ini adalah:

·         jika nilai jawaban responden menghasilkan nilai di bawah nilai 70.313% maka responden atau karyawan tersebut memberikan penilaian tidak puas terkait pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

·         jika nilai jawaban responden menghasilkan nilai di atas nilai 70.313% maka responden atau karyawan tersebut memberikan penilaian puas terkait pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

 

 

Instrumen

Untuk survei ini, penyusunan instrumen ini didasarkan pada praktik terbaik internasional dalam hal survei kepuasan karyawan. Instrumen yang dimaksud adalah instrumen kuesioner untuk para paryawan, sebagai instrumen utama untuk menggali informasi secara mendasar terkait dengan kepuasan karyawan, dengan penekanan pada pemahaman faktor-faktor penentu kepuasan dan sekaligus untuk memperoleh masukan sederhana dari karyawan.

 

Sementara butir-butir pertanyaan kuesioner dibuat dalam bentuk pilihan ganda dimana setiap butir pertanyaan terdiri dari empat alternatif jawaban. Penilaian dilakukan dengan skala penilaian 1-4, arti dari masing-masing skala dapat dijelaskan sebagai berikut :

-          Skala 4 diartikan Sangat Setuju, dalam hal ini karyawan menilai dengan skala penilaian sangat tinggi/baik sekali. Kebijakan manajemen terhadap karyawan dinilai sangat sesuai dengan harapan karyawan.

-          Skala 3 diartikan Setuju, dalam hal ini karyawan menilai dengan skala penilaian baik. Kebijakan manajemen terhadap karyawan dinilai sudah sesuai dengan harapan haryawan.

-          Skala 2 diartikan Kurang Setuju, dalam hal ini karyawan menilai dengan skala penilaian kurang baik. Ada beberapa kebijakan manajemen terhadap karyawan yang dinilai perlu dibenahi.

-          Skala 1 diartikan Tidak Setuju, dalam hal ini karyawan menilai dengan skala penilaian sangat tidak baik. Ada beberapa kebijakan manajemen terhadap karyawan yang dinilai sangat perlu dibenahi.

 

Dalam menjawab tiap-tiap pertanyaan karyawan melakukan penilaian dengan mengaitkan kesesuaian antara harapan mengenai fasilitas/kebijakan /sistem/benefit dengan kenyataan yang diterimanya.

 

Kesimpulan Hasil

1.    Dari hasil analsis diperoleh nilai indeks kepuasan di PT. HAMPARAN LAUT BIRU secara keseluruhan adalah 69.357% dan ini masih di bawah nilai kritis 70.313%. Hal ini berarti secara keseluruhan para karyawan yang bekerja di PT. HAMPARAN LAUT BIRU masih merasa belum/tidak puas.

2.    Berdasarkan hasil analsis diperoleh dimensi yang mencapai indeks kepuasan tertinggi adalah dimensi ke-11 mengenai Partisipasi Karyawan dengan nilai 83.205% (termasuk katagori puas). Dengan kata lain responden sudah menilai puas mengenai Partisipasi Karyawan. Sedangkan poin pertanyaan menghasilkan indeks kepuasan terendah adalah dimensi ke-8  mengenai Kebijakan Upah dengan nilai 58.409%. Maka dapat dikatakan berdasarkan jawaban responden kebijakan Upah belum memuaskan.

  1. Berdasarkan hasil analsis dimensi yang termasuk dalam kriteria puas ada 6 dimensi yaitu: proses komunikasi, penilaian terhadap Perusahaan, manfaat survey, keamanan dan keselamatan kerja, perubahan manajemen dan partisipasi karyawan.
  2. Dari hasil analsisi diketahui dimensi yang termasuk dalam kriteria tidak puas ada 12 dimensi yaitu: Kebijakan Upah, Penghargaan Bagi Karyawan, Budaya Kerja/Organisasi, Jajaran Manajemen, Pengembangan Karier, Sarana-Sarana Pendukung, Program Pelatihan & Pengembangan, Kegiatan Produksi, Atasan Langsung, Pekerjaan Sekarang, Lingkungan Kerja dan Pengawasan Internal.
  3. Dari hasil pengujian independsensi diperoleh nilai chi square sebesar 45.528 dan nilai sig. Sebesar 0.000. Selanjutnya dengan membandingkan nilai sig. dengan nilai tingkat keyakinan 95% sehingga alpha = 0.05 (5%), maka terbukti  karena nilai sig. (0.000) < nilai alpha (0.05) sehingga dapat dikatakan bahwa “terdapat hubungan antara indikator dengan kepuasan karyawan”. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa dalam hal ini terdapat pola kecenderungan untuk indikator-indikator dari suatu dimensi tertentu selalu dinilai puas atau sebaliknya oleh responden.
  4. Dari hasil analsisi diketahui karyawan yang bekerja di departemen HR memberikan penilaian kepuasan tertinggi dengan nilai 78.146%. Sedangkan kelompok karayawan yang memberikan nilai kepuasan terendah adalah karyawan yang bekerja di department IT dengan nilai 62.920%. Dan juga diketahui teradapat 7 departemen dalam kriteria tidak puas dengan score di bawah 70.313%, yaitu IT, Electrical/Engineering, Produksi, Quality, Finance, VAP dan Sales. Dalam hal ini dimensi yang dinilai tidak puas antara lain Kebijakan Upah, Budaya Kerja/Organisasi, Jajaran Manajemen, Penghargaan Bagi Karyawan, Pengembangan Karier, Kegiatan Produksi, Pekerjaan Sekarang, Pengawasan Internal, Program serta Pelatihan & Pengembangan.
  5. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui karyawan yang bekerja di lokasi kantor BMS memberikan penilaian kepuasan tertinggi dengan nilai 75.562%. Sedangkan kelompok karayawan yang memberikan nilai kepuasan terendah adalah karyawan yang berlokasi kantor di Cilegon dengan nilai 65.792%. Diketahui pula ada 2 lokasi kantor dalam kriteria tidak puas dengan scor di bawah 70.313%, yaitu Cilegon dan Gresik. Dalam hal ini dimensi yang dinilai tidak puas antara lain Jajaran Manajemen, Pekerjaan Sekarang, Kebijakan Upah, Penghargaan Bagi Karyawan, Pengembangan Karier dan Budaya Kerja/Organisasi.
  6. Mengenai penilaian manfaat survey diketahui responden yang menjawab ada 220 responden atau 95.238% dari keseluruhan responden. Adapun komposisi jawaban adalah 12 orang (5.195%) menjawab tidak setuju, 32 orang (13.853%) menjawab kurang setuju, 113 orang (48.918%) menjawab setuju dan 63 orang (27.273%) menjawab sangat setuju. Pencapaian nilai dari responden diperoleh score 75.795%, nilai ini di atas nilai kritis. (70.313%). Oleh itu dapat disimpulkan bahwa responden menyetujui adanya manfaat dari program survey ini di PT. HAMPARAN LAUT BIRU.
  7. Untuk sarana yang sudah tersedia sebagian besar responden atau karyawan PT. HAMPARAN LAUT BIRU memilih “Pembenahan Kesehatan” yang di dalamnya sudah termasuk asuransi kesehatan sebagai fasilitas yang telah tersedia namun memerlukan perhatian, perbaikan dan/atau peningkatan. Mengenai Pembenahan Kesehatan menghasilkan nilai 295, lalu secara berturut-turut berikutnya adalah “Peningkatan Gaji” dengan nilai 168 dan peningkatan “Bonus” dengan nilai 68.
  8. Untuk sarana yang sudah tersedia sebagian besar responden atau karyawan PT. HAMPARAN LAUT BIRU memilih“Menambah Jenis Tunjangan.  Mengenai penambahan jenis tunjangan menghasilkan nilai total 136, lalu secara berturut-turut berikutnya adalah “Dana Pensiun” dengan nilai 69 dan peningkatan “Pinjaman Karyawan” dengan nilai 47.

 

 

Saran

1.    Seperti telah diketahui indeks kepuasan PT. HAMPARAN LAUT BIRU secara keseluruhan adalah 69.357% artinya menurut tanggapan para karyawan kondisi pada saat ini mengenai kepuasan kerja masih belum memuaskan harapan karyawan. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya dialog agar tercapai saling pengertian dan hubungan yang harmonis antara karyawan dengan pihak manajemen. Terutama mengenai Kebijakan Upah, Budaya Kerja/Organisasi, Jajaran Manajemen, Penghargaan Bagi Karyawan, Pengembangan Karier, Kegiatan Produksi, Pekerjaan Sekarang, Pengawasan Internal, Program serta Pelatihan & Pengembangan.

2.    Baik secara keseluruhan maupun di masing-masing departemen atau lokasi kantor, perlu khusus dan intensif untuk mempertimbangkan aspirasi  para karyawan agar tercapai kondisi saling memahmi antara pihak karyawan dengan manajemen.

 

 

Thu, 4 Mar 2010 @08:10


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+0+9

Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Terima Kasih Telah Berkunjung...
image

Bina Solusi

(021)47866162 / (021)92798467


Salam sejahtera dari kami untuk semua... kami siap membantu olah data dan memberikan yang terbaik untuk perusahaan anda.
Alamat Kami: Jl. Layur No. 5 Rawamangun Jakarta Timur

Copyright © 2014 PT SITEKNO · All Rights Reserved